well, suka nyadar gak sih kalo hidup kita gak pernah jauh2 dr complain atau ngeluh?? makanan buatan si bibi gak enak kita complain, baju yg dibeli di online shop diluar bayangan, kita complain, sakit dikit ngeluh gak berenti2..apapun deh yg kita anggep diluar kemauan dan keinginan kita pasty kita ngeluh, ngedumel gak berenti2.....berharap waktu bs mundur biar smuanya berjalan seperti mau kita.
yah..inilah kehidupan manusia. gak ada manusia yg pernah merasa puas dengan apa yg udh mereka dpt...tapi tau gak sih, klo complainan seseorg buat kita bisa jadi sesuatu yg berharga dan ngebuat kita makin pinter? nah loo gmn bs deh, org complain kita pinter???nih contohnya, kaya gw yg lagi dihadapkan pada masalah customer yg gak ada abisnya complain ke gw krn barang yg diterima kurang memuaskan atau krn barang nyampe gak tepat waktu :)
FYI, gw udah dr 2 thn yg lalu berkutik didunia jual beli online a.k.a Online shop,,klo dibilang ngelotok..ya lumayan ngelotok, gw udh tau d gmn caranya ngadepin berbagai macam bentuk customer, dr yg baik bgt, baik aja, smp yg gak baik bgt dan gak baik aja *gghh klo yg jenis ini bikin mau terjun dr gedung tingkat seribu ooppss :D
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjAPqRNEDfWKcA-WngkrLC0RWPSgj358qd-l-vYSi2VnEMuiVbm6fU8WD4T4Fgu2Pc7uRPclSNDA9WffGpWjYTJnDxxrsUCni2OszHfEzeomvx8EZTAnTGc8VexGXCyIdkcNps73L5aMhU/s400/cantik+boutique111.jpg)
dulu gw belanja barang2 sendiri, trs kira2 akhir thn lalu gw berenti jualan, walopun web OS gw masih ada, dan masih bnyak customer yg pd nanyain. nah kira2 bbrp minggu lalu, temen deket gw mulai jualan via bbm (trend saat ini kayanya**) yg akhirnya nularin ke gw, bermodalkan customer2 lama di OS gw, akhirnya gw ikutan d tuh bikin bbm group..wiih hasilnya lumayan bikin kaget, bnyak juga peminatnya walopun baru jalan kira2 2 minggu :)
kali ini, krn kesibukan dan keadaan yg gak memungkinkan krn lagi hamil, gw akhirnya emang cuma bisa nya jd dropshiper. dropshiper tuh semacam reseller dmn gw gak harus numpuk barang dirumah untuk trs dikirim kepembeli. tp gw cukup ambil gambar dr temen gw si supplier dan share gambar2 itu di bbm group. nanti klo udh ada yg pesen br gw akan bilang sm temen gw si supplier dan minta dya utk ngirim brg ke customer gw.
klo ada pertanyaan beresiko gak jd dropsipper? jawaban gw, semua pekerjaan memiliki resikonya masing2,, tp semua itu balik lg gmn kita menyikapi resiko yg dtg..mungkin yah krn gw udh pernah 2 thn ngerasain complain2 dr customer dulu jd gak terlalu stress2 bgt klo ada yg mulai reseh hehhehehee.....
complain dr customer inilah yg akhirnya ngebangun dan ngebuat gw jd lebih belajar, walopun kadang rasanya pengen jedotin kepala ditembok trs nyemplung berenang ke aer es, saking bebelnya customer yg complainnya kelewatan menurut gw, salah satunya kaya minta balikin brg yg dya gak suka..hadoohh plis doonk pernah liat tulisan "barang yg udh dibeli gak bs dituker lagi" ato "pecah berarti membeli" gak???helloooo...kan itu udah resiko juga yah belanja Online, klo gak mau kecewa sedikit pun, yaa jgn prnh coba belanja online...belaja tradisional ke toko aja, nah makanya tips belanja online juga sebenernya harus dipelajari buat para customer, coba deh buka google pasty ada kok tips2nya...jd kan kita sama2 belajar dan sama2 diuntungkan....bener gak??
tp ttp ada pelajaran yg bisa gw ambil disini, pada akhirnya gw belajar gmn karakter2 customer dan juga gw lebih harus bnyak belajar ttg product yg gw jual alias jgn maen asal jual barang aja klo product knowledge kita jelek ;) setuju para seller??
No comments:
Post a Comment